Alkisah, saya mendaftar di Facebook pada pertengahan tahun 2008, sampai awal 2009 saya hanya memiliki beberapa teman. Hingga akhirnya satu persatu teman-teman saya mulai mendaftar di sosial media milik Mark Zuckerberg tersebut.
Hal yang lazim dilakukan di facebook adalah update status baik berupa tulisan, gambar maupun video. Yang menarik ada beberapa teman yang menulis ataupun mengunggah gambar kemudian disertai dengan keterangan via blackberry.
Inilah barangkali kehebatan RIM-meskipun saat ini sudah banyak yang menggunakan cara ini, nama merk mereka yaitu Blackberry akan secara otomatis dipromosikan oleh penggunanya yang melakukan update Facebook. Hal ini sangat menguntungkan Blackberry.
Entah disadari atau tidak, begitu kita melihat ada status teman diupdate melalui blackberry timbul keinginan untuk membeli. Meskipun belum ada survei resmi yang menyatakan apakah ada kaitan antara update status via blackberry dengan bertambahnya penjualan blackberry. Akan tetapi dari banyaknya pengguna Blackberry sampai hari ini sepertinya hal tersebut cukup mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli sebuah Blackberry.
[caption id="attachment_1113" align="aligncenter" width="300" caption="Facebook Blackberry"][/caption]
Mungkin saat seseorang memiliki sebuah blackberry dan melakukan update status secara otomatis dia sedang "memamerkan" gengsinya melalui kepemilikan blackberry.
Kemudian bagi Facebook sendiri tentu keberadaan Blackberry juga memberikan banyak keuntungan, karena pengguna facebook bisa dengan mudah mengakses facebook dari berbagai tempat, tidak hanya melalui PC. Target sebuah website adalah dikunjungi sebanyak mungkin orang, termasuk Facebook.
Sementara bagi Operator Telekomunikasi raksasa di Indonesia seperti XL, Telkomsel dan Indosat, mereka memiliki banyak kesempatan untuk menjual pulsanya kepada pemakai Facebook dan Blackberry melalui berbagai paket Blackberry yang ditawarkan.
Simbiosis Mutualisme antara tiga elemen yaitu Facebook, Blackberry dan Operator Telekomunikasi menghasilkan keuntungan yang sangat besar bagi mereka.
Ads 970x90
Sunday, February 19, 2012
Simbiosis Mutualisme antara Blackberry, Facebook dan Operator
Arif Rahmawan
Published
February 19, 2012
Related Posts
Subscribe to:
Post Comments (Atom)